Fakta Seputar Danau Toba
Featured
Pengunjung Makam Raja Sidabutar di Samosir Semakin Berkurang
Tomok Samosir

Categorized | History, News, Samosir

Tags |

Fakta Seputar Danau Toba

Posted on 21 April 2012 by Yulianto Parulian Saragi Sidabutar | Views (1,045)



Fakta Seputar Danau Toba


Setelah menemukan sebuah fakta bahwa Danau Toba tidak termasuk daerah tujuan wisata dalam tahun kunjungan wisata 2008, maka diharapkan semua pihak yang mencintai Danau Toba bekerja keras untuk mengembalikan kejayaan kemilau alam Toba. Danau Toba yang memiliki wisata alam yang dahsyat, wisata spiritual, sejarah, arsitektur dan kuliner merupakan aset yang pantas dibanggakan. Suasana yang adem dan menyegarkan, hamparan air yang jernih, pemandangan yang indah dan memesona, dengan pegunungan yang hijau adalah sebuah deskripsi tentang Danau Toba.

Danau yang bagaikan secuil paradise ini memang menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa dan menyimpan segudang cerita menarik. Inilah fakta seputar Danau Toba :

  1. Danau Toba adalah danau terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer serta kedalaman terjauh kira-kira 400 meter yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.
  2. Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Dan di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.
  3. Diperkirakan Danau Toba terjadi saat letusan gunung berapi super (Gunung Toba) sekitar 73.000-75.000 yang lalu. Kira-kira 2.800 km kubik bahan-bahan vulkanik dimuntahkan gunung tersebut saat meletus, dan debu vulkanik yang ditiup angin menyebar ke separuh wilayah bumi. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 kilometer di atas permukaan laut.
  4. Menurut perkiraan, letusan gunung berapi super tersebut menyebabkan kematian massal dan menyebabkan kepunahan pada beberapa spesies mahluk hidup.
  5. Letusan Gunung Toba mempengaruhi peradaban dunia. Diperkirakan, letusan maha dahsyat ini menyebabkan terjadinya perubahan cuaca bumi dan mulainya zaman es.
  6. Danau Toba mendapatkan perhatian khusus dari para peneliti tingkat dunia, seperti Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University.
  7. Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika.
  8. Secara administratif, Danau Toba membentang di tujuh kabupaten, yaitu Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Simalungun.
  9. Daerah sekitar Danau Toba memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri.
  10. Di Tomok (Pulau Samosir) terdapat Makam Raja Sidabutar, yang usianya sudah 500 tahun. Juga terdapat Patung Sigale-Gale (Patung yang bisa menari).
  11. Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona.
  12. Danau Toba punya legenda yang hidup sejak ribuan tahun lalu dan itu membawa berkah bagi penduduk yang berdomisili di sekitar Danau Toba dengan berbagai aktivitas keseharian.
  13. Danau Toba merupakan tempat berkembang biaknya ikan batak (Neolissochillus thienemanni) yang punya nilai sejarah dan budaya tinggi.
  14. Setahun sekali diadakan Pesta Rakyat Danau Toba.
  15. Di era 1990-an, tepatnya sebelum tahun 1997, Danau Toba menjadi destinasi favorit para turis-turis luar negeri, terutama berasal dari Belanda, Malaysia, Singapura, Jerman, Jepang, Korea, bahkan ada juga yang berasal dari Amerika.
  16. Danau Toba pernah meraih predikat sebagai destinasi terfavorit di Indonesia, dengan mencapai lebih dari 4.000.000 wisatawan yang datang ke tempat itu dalam setahun.
  17. Di sekitar Danau Toba didapati tempat mandi air belarang, yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit, jerawat dll.
  18. Di pinggiran Danau Toba terdapat satu objek wisata bernama Tanjung Unta. Daratan yang menjorok ke danau ini memang menyerupai punggung unta.
  19. Berbagai cinderamata bisa didapati di sekitar Danau Toba, seperti kalendar Batak kuno dengan tulisan asli Batak, gitar Batak dari kayu dan beragam souvenir unik lainnya.
  20. Pada aspek hidrologis, Danau Toba merupakan sebuah kawasan Daerah Tangkapan Air-DTA (Catchment Area) raksasa dan sangat vital bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya.
  21. Di tepi Danau Toba juga terlihat Wisma Soekarno, tempat Presiden pertama Indonesia diasingkan, dengan desain bangunan yang dicat dengan warna putih nan megah.
  22. Kain Ulos khas Danau Toba merupakan salah satu kerajinan tradisional Batak yang terkenal. Kain ini didominasi warna merah, hitam dan putih yang biasanya ditenun dengan benang berwarna emas dan perak. Kain ulos beragam jenis, diantaranya: bintang maratur, ragiidup , sibolang, ragihotang , mangiring dan sedum.
  23. Danau Toba merupakan salah satu dari 77 nominator keajaiban dunia 2008.
  24. Objek wisata Batu Gantung di pinggiran Danau Toba. Di sana didapati batu mirip seorang perempuan dan anjingnya.
  25. Potensi budidaya keramba ikan dengan sistem jaring apung di Danau Toba sudah mulai berkembang.




Related Posts


 

Popular Posts


  Legenda Makam Raja Sidabutar
true  Tomok Samosir
true  Fakta Seputar Danau Toba
true  Legenda Sigale-gale
  Taringot tu Umpasa

2 Comments For This Post

  1. Putra Sonakmalela Says:

    mantap bah…

  2. Darwinsar Sinurat Says:

    mantap


RECENT VIDEOS

Click below to view videos...

ADVERTISEMENTS





Sidabutar.INFO at Flickr

See all photos



  • Twitter is currently flying the fail whale
  • Networked Blogs

  •  
    ADVERTISEMENTS

    Advertisement